Tips Hemat ala Anak Kos

Bro, Sis, tulisan ini terinspirasi barusan saat makan nasi goreng. Memutuskan makan setelah seharian laper, nggak tau apa yang mau diperbuat dengan tugas-tugas itu. Padahal pagi-pagi penuh ide. Tapi setelah siang, oh man,, i feel nothing good. Dont know what to do.

 

Ok, praktek ini ditulis berdasar pengalaman. Segala efek kesehatan, akan juga ditulis di sini. Check this out.

 

 

Anak kos, biasa identik dengan jatah yang “wow” di awal penerimaan jatah dan mulai “wew” seiring berjalannya waktu menuju penerimaan jatah berikutnya. Dalam hal ini, kebijaksanaan anak kos memegang kunci utama. Kalian nggak bakal bisa hidup nyaman sebagai anak kos kalo cuma hidup dengan metode pemasukan-pengeluaran. Kalian harus bisa membuat pengeluaran kalian menjadi pemasukan dan sekaligus mendapatkan pemasukan dari pengeluaran yang kalian lakukan. Bingung?

 

  1. Makan. Makan adalah isu utama anak kosan. Hari-hari pertama, pertanyaannya adalah,”Makan dimana?” Tempat manapun yang dikunjungi, kantong mencukupi. Ya jelas lah,, kantong masih tebel. Coba minggu-minggu terakhir. “Makan apa ya…”, kantong cekak. Kasih yang berbagu daging dikit, habislah sisa hidup kita. Nah, untuk hal ini, sebenernya bisa diakali dengan masak sendiri. Pengeluaran kalian untuk makan bisa ditekan habis. Kalo nggak bisa masak, coba berteman dengan teman-teman yang hobi masak. Sering-sering main ke kosan mereka, siapa tau diajak makan bareng, hehe…. Lumayan kan, makan plus minum gratis. Nggak mungkin tuan rumah bakal ngasih makan doang. Ato, biar agak kerenan dikit, kalian beli aja minuman segar, katakanlah es teh. Modal es teh, dapet makan. Hoho…. Kalau nggak, jajan juga gpp. Tapi, pastikan makan di warung tersebut dan banyakin aja sayurnya. Biasanya, sayur dapet peng-harga-an paling rendah dari pemilik warung. Sehat dapet, vitamin cukup, kenyang pula. Minumnya? Air putih aja. Gratis coy… Kalau nggak, teh tawar. Biasanya gratis juga. Hehe…. Selain karena dapet minum gratis yang berarti menghemat duit buat air, kita juga bisa ngehemat pengeluaran buat sabun cuci piring. Hehe….
  2. Ingat, isu makan adalah hal utama karena ia adalah faktor yang sakit. Yang utama dari makan adalah teratur. Walaupun cuma dua kali sendiri, asal teratur, its ok. InsyaAllah ok. Oya, konsumsi mi yang sehat adalah maksimal satu kali per minggu… Ini saran Bu Dokter dulu.. hehe… But I ignored it,, asal nggak sering-sering, its ok. Seminggu maksimal 3 kali lah…
  3. Berbagi kamar bisa jadi langkah penghematan juga. Atau, nginep di pondok pesantren bisa jadi langkah penghematan lho,,, biasanya nggak dipungut ongkos tuh.
  4. Atur pola makan. Kalau bisa makan 3 kali sehari sih alhamdulillah. Kalau nggak bisa? Ya  dua kali aja… Usahakan di jam-jam nanggung. Aktivitas seharian penuh, makanlah di jam antara sarapan dan makan siang. Kemudian antara makan siang dan makan malam. Langkah ini akan meminimalisir laper.
  5. Nyuci? Pastikan nyuci sendiri. Mencucilah jika cucian sudah satu ember penuh. Ini ditujukan untuk menghemat sabun cuci. Karena, biasa takaran sabun cuci itu untuk satu ember. Optimalisasi ini namanya.. Hehe… Kalau nggak punya malu, numpang sabun cuci sama temen juga gpp. Digilir tapi yak.. Hehe….
  6. Mandi? Pake sabun batangan coy!!!! Sabun cair lebih mahal dan lebih cepet habis. Atau, jika lebih prefer ke sabun cair, pake spons khusus sabun cair. Itu akan membantu penghematan karena spons itu memperbanyak busa sabun.
  7. Puasa? Nah, kalau bulan puasa, sering-sering dateng ke masjid. Biasanya, menu buka puasa ada nasi kotak. Masjid tertentu menyediakan menu sahur juga lho… Hehe….
  8. Ikut organisasi!!! Jadi aktivis biasanya merupakan langkah penghematan. Kesibukan biasanya membuat lupa laper. Inget pun biasanya udah kecapekan trus tidur. Selain itu, pas ada acara kepanitiaan, biasa dapet jatah konsumsi. Lumayan kan? Hehe… Kalo pas ada proyek tertentu, kadang malah dapet honor.
  9. Buku? Rajin-rajin ke perpus. U dont need to buy a book. Mending buat maen deh.. Hehe… Perpus menyediakan buku-buku yang dibutuhkan, dan bisa dipinjem. Jika pun sangat perlu, bisa potokopi. Trik Potokopi, bolak balik diperkecil. Tadinya dua halaman, jadiin satu halaman. Ini bikin irit 50%. Dengan bolak-balik, ini bikin ngirit 25%. Total pengiritan bisa mencapai 67,5% daripada fotokopi normal.
  10. Rajin puasa bagi yang muslim. Selain dapet pahala, kalian juga dapet penghematan.
  11. Ada waktu senggang, lakukan kegiatan produktif. Yang paling recommended adalah ngajar privat, selain dapet honor, kalian bisa juga dapet makanan n minuman gratis. Nggak mungkin kalian ngajar nggak dikasih cemilan or apa gitu. Kegiatan lain, bisa jaga warnet. Bisa onlen gratis, dan bisa donlot sepuasnya. Kalo kalian hobi ngenet, ini bisa bikin lupa laper juga lho… hehe…. Jualan makanan juga bisa. Biasanya, si empunya selain ngasih honor bagi hasil, juga ngasih jatah makanan. Nah lho…. Yang hobi nulis, bisa juga nulis.
  12. Transportasi? Nebeng aja bro… Selama masih ada tebengan, nebeng lah. Kalau nggak ada dan duit cekak, hitung transportasi yang paling murah dan berjalanlah sejauh yang kalian mampu. Itung-itung olahraga, hehe….
  13. Sering-sering ikut seminar gratisan. Biasa dapet snack kan tuh, lumayan. Udah dapet pinter, dapet snack pula.
  14. Sering-sering ikut lomba gratisan. Acara ini lebih wow dari seminar. Selain dapet snack, kalo menang dapet hadiah. Apapun hadiahnya, itu bisa membantu. Walaupun hadiahnya cuma pulpen..
  15. Sakit? Sakit pada dasarnya karena dua faktor, kurang istirahat dan makan nggak teratur. Jadi, sembuhkan diri sendiri dengan cara sendiri dulu. Penuhi istirahat, dan makanlah teratur walaupun cuma dengan nasi dan sayur. Kalau demam, obat yang murah dan enak adalah air kelapa ijo yang masih muda. Seger tuh.. asli seger…
  16. Mudik? Bagi yang rumahnya jauh, nggak usah gengsi deh.. Bisa nyampe rumah aja udah syukur-syukur. Pake ekonomi bareng temen-temen. Dijamin seru!!!
  17. Biasakan zakat, infaq, dan shodaqoh. Pas penerimaan pertama, sisihkan 2,5%. Anggap itu pendapatan kena zakat. Infaq, walaupun cepek doang,, its ok. Shodaqoh bro… Walo nggak punya duit, hehe… ZIS itu bermanfaat lho… Dan, menabunglah (walo dikit-dikit) untuk keperluan darurat. *ini seharusnya jadi saran pertama, hehe….

 

Keknya itu dulu deh ya.. Ntar kalo ada tambahan, kutambahin deh… Hehe….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: